Minggu , 28 November 2021

LPTQ Pulpis Gelar Pelatihan Calon Dewan Hakim MTQ

NUSAKALIMANTAN.COM, Pulang Pisau – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Pulang Pisau melalui Bidang Perhakiman menggelar kegiatan Pelatihan Calon Dewan Hakim (CDH) MTQ yang dilaksanakan di Masjid Agung Arraudhah Pulang Pisau, Jumat (19/11/2021).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pulang Pisau KH Masrani Arsyad MPd yang juga sekaligus menjadi salah satu pemateri bidang tilawah.

Dalam sambutannya Kakan Kemenag Pulang Pisau mengatakan, menyambut baik pelaksanaan kegiatan pelatihan calon dewan hakim MTQ dalam rangka meningkatkan kompetensi para calon dewan hakim agar ketika nanti ditunjuk sebagai dewan hakim MTQ benar-benar memberikan penilaian yang obyektif sesuai kaidah penilaian dalam juknis MTQ.

Dia berharap agar para peserta yang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan calon dewan hakim benar-benar memperhatikan materi yang disampaikan baik di bidang penilaian tajwid, bidang suara dan lagu, serta bidang fashahah.

“Menilai cabang lomba MTQ itu tidak mudah, membutuhkan kemampuan khusus yang perlu terus diasah. Melalui pelatihan calon dewan hakim inilah salah satu wadah untuk meningkatkan kemampuan kita, jadi harus serius mengikuti pelatihan ini,” kata KH Masrani.

Selain KH Masrani Arsyad, juga dihadirkan pemateri yakni H Suriyadi MPd I yang menyampaikan materi tentang tata cara pengisian blanko penilaian bidang tajwid dan Ustadz Nasrun Rambe SAg yang menyampaikan materi tentang penilaian bidang fashahah.

Ketua LPTQ Pulang Piaau Ir H Saripudin mengharapkan agar kegiatan ini bermanfaat bagi para calon dewan hakim MTQ meskipun hanya digelar satu hari penuh. “Sebenarnya pelatihan ini minimal 3 hari agar materi yang disampaikan benar-benar lengkap,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, karena keterbatasan anggaran sehingga kegiatan di press menjadi satu hari penuh dengan pemateri lokal yang mumpuni dan sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana kegiatan ini, Nasrullah SAg MM mengatakan, pelatihan calon dewan hakim ini diikuti oleh 15 orang perwakilan dari sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

“Kegiatan ini dilaksanakan sehari penuh dengan kondisi terbatas di tengah keterbatasan dana LPTQ yang dialokasikan untuk pelatihan perhakiman ini. Namun meskipun begitu kegiatan ini kami optimis berjalan sukses dan lancar serta diharapkan bermanfaat bagi para calon hakim MTQ Kabupaten Pulang Pisau,” tukas Ketua Panitia sekaligus koordinator bidang perhakiman LPTQ Kabupaten Pulang Pisau. (nk-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *