Senin , 27 Mei 2024
Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Sri Suwanto saat menyampaikan sambutannya

Asisten Adum Buka Pagelaran Seni dan Budaya Wayang Kulit

NUSAKALIMANTAN.COM, Palangka Raya – Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Prov. Kalteng) Sri Suwanto membuka secara resmi pagelaran Seni Budaya Kalteng yang dipadu dengan Wayang Kulit dari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, bertempat di Taman Budaya Kalimantan Tengah Jl. Temanggung Tilung, Palangka Raya, Sabtu (18/6/2022) malam.

Acara ini disiarkan secara langsung oleh delapan Stasiun TVRI daerah, bertujuan untuk melestarikan seni budaya daerah dan sekaligus menjadi media komunikasi pembangunan di Kalteng.

Sri Suwanto saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan melalui pagelaran seni dan budaya wayang kulit ini masyarakat Kalteng diharapkan dapat mengetahui kesenian dan kebudayaan yang ada di daerah serta menjadikan ajang ini sebagai salah satu cara memelihara toleransi dan kerukunan masyarakat Kalteng.

Sri mengungkapkan sebagai Lembaga Penyiaran Publik, TVRI Kalteng juga memiliki tanggung jawab dalam melestarikan budaya, baik budaya Indonesia pada umumnya terkhusus budaya Kalteng.

“Hal ini tentu bisa kita saksikan bersama dalam program-program acara yang diproduksi oleh TVRI Kalteng yang selama ini tidak melupakan penyiaran budaya, seni dan kearifan lokal Kalimantan Tengah”, ungkap Sri Suwanto.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pemprov Kalteng mengapresiasi peran dan tugas TVRI yang sudah mendukung melalui informasi publikasi pembangunan di Kalteng,  khususnya di 13 kabupaten dan 1 kota.

“Dimana selama ini masyarakat Kalimantan Tengah  dapat menerima siaran baik melalui satelit maupun pemancar terresterial hingga ke pelosok-pelosok desa. Masyarakat dapat menerima siaran seputar informasi pembangunan di Bumi Tambun Bungai secara berkesinambungan”, pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala TVRI Stasiun Kalteng Herman menyampaikan dengan adanya pagelaran seni budaya juga diharapkan dapat menumbuhkan seni budaya yang lebih bagus lagi.

“Karena kreatifitas malam ini, dalang kita malam ini bukan orang tua tapi adalah anak muda, umurnya masih muda, mereka bisa menjadi dalang professional. Diharapkan ini bisa menjadi contoh anak muda menjadi seorang dalang”, tandasnya.

Hal senada disampaikan Rektor Universitas Indraprasta (Unindra) PGRI Jakarta H.Sumaryoto mengatakan sesuai dengan ikonnya adalah menyelenggarakan wayang kulit.

“Pergelaran wayang kulit ditampilkan oleh dalang remaja dari Unindra. Dalang remaja ini adalah dalang milenial yang sangat mungkin nanti akan berbeda tampilan dan performancenya karena dalang ini adalah betul-betul wujud tampilan generasi masa kini, generasi milenial yang berbeda dari para pendahulunya”, tutupnya.

Pagelaran seni budaya dihadiri Wakil Gubernur Kalteng Periode 2010-2015 H. Achmad Diran, Forkopimda Prov. Kalteng, Kepala Dinas Kominfosantik Prov. Kalteng Agus Siswadi, Dewan Pengawas LPP TVRI Kabul Budiono dan Direksi LPP TVRI Telman Rorimpandei. (MMC/nk-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *