Jumat , 9 Desember 2022
Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Leonard S. Ampung saat membacakan sambutan Sekda

Dukung Produk Dalam Negeri, IKM Diminta Tingkatkan Kualitas

Palangka Raya – Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Leonard S. Ampung mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) membuka sosialisasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) se-Kalteng, bertempat di Best Western Batang Garing Hotel Palangka Raya, Rabu (23/11/2022).

Leo mengatakan dalam sambutannya, P3DN bertujuan agar para pelaku industri terutama di Kalteng mampu untuk meningkatkan kapasitas produksi serta kualitas barang dan jasa yang dihasilkan, sehingga mampu bersaing secara mandiri, serta mengurangi ketergantungan pasar domestik terhadap produk impor. “P3DN juga dapat menjadi perlindungan terhadap potensi pelemahan nilai tukar rupiah,” ucapnya.

(Baca Juga : Kepala Bappedalitbang Kalteng Sampaikan Ringkasan Rancangan Awal RKPD Tahun 2022)

Lebih lanjut Leo menambahkan, Pemerintah telah mengidentifikasi tiga aspek dalam rangka mewujudkan target P3DN di tahun 2022, yaitu penciptaan permintaan produk dalam negeri, dukungan atas penguatan suplai bagi industri dan Usaha Kecil Mikro dan Koperasi, serta government marketplace melalui pembinaan dan pengawasan.

“Diharapkan sosialisasi Program P3DN ini tidak hanya adanya kesamaan pemahaman, sinkronisasi, dan sinergisitas program kegiatan saja, namun juga akan lahirnya solusi, ide, pemikiran-pemikiran, dan terobosan baru dalam pemecahan permasalahan yang ada, sehingga dapat lebih memaksimalkan seluruh potensi sektor industri dalam negeri dalam rangka mewujudkan Kalteng Makin BERKAH,” imbuhnya.

Usai membuka sosialisasi, ketika diwawancarai, Leo menyatakan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan akan lebih banyak lagi produk dalam negeri yang digunakan dalam pengadaan barang dan jasa Pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.

“Pelaku IKM ini bisa meningkatkan lagi kemampuan mereka dalam mengakses aplikasi, meningkatkan kualitas produknya, bagaimana pengemasan yang bagus, sehingga menjadi daya tarik yang bisa jadi aset penjualan serta meningkatkan perekonomian mereka,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty saat diwawancarai mengatakan bahwa pihaknya mendorong IKM agar bisa memenuhi permintaan pengadaan barang dan jasa khusus untuk Pemerintah.

“Mereka bisa memproduksi barang-barang untuk memenuhi pengadaan barang dan jasa Pemerintah, untuk itu perlu ditingkatkan lagi kualitas dan kuantitasnya supaya bisa memenangkan persaingan dari luar,” bebernya.

Turut hadir Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Bambang Ari Setiono, General Manajer PT. Surveyor Indonesia Dhani Eka Pratama, Kepala Dinas yang membidangi Perdagangan dan Perindustrian kabupaten/kota se-Kalteng, para pelaku usaha IKM Palangka Raya, serta undangan lainnya. (MMC/nk-1)

Cece Manis Suka Goyang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *