Jumat , 9 Desember 2022
Kepala Desa Bangun Harjo Sutono dan suasana waktu MUSREMBANGDes di Kantor Desa Bangun Harjo

Musrenbangdes Penetapan RPKDes Tahun 2023 di Desa Bangun Harjo

NUSAKALIMANTAN.COM, Kuala Kapuas – Untuk merencanakan pembangunan didesa, diadakakan rembug desa dimana segala program rencana pembangunan desa dibahas dalam musyawarah tersebut. Desa Bangun Harjo Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas, telah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSREMBANGDes).

Kepala Desa Bangun Harjo Sutono saat ditemui di Kantor Kepala Desa Bangun Harjo Rabu (23/11) pukul 10.30 WIB, mengatakan telah melaksanakan MUSREMBANGDes diawal bulan lalu bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda serta dihadiri oleh Camat Bataguh Suryadin, SH., Pendamping Desa Rijali Rahman, Pendamping Lokal Desa Wiwik Komariah dan perangkat desa lainnya, turut hadir juga Bhabinkamtibmas dan Babinsa,

” Rapat itu merupakan langkah kita untuk melakukan penetapan RKPDes, sambil urun rembug atau sharing serta menyamakan rencana sebagai prioritas pembangunan supaya tercapai kesepakatan bersama. Mengevaluasi apa yang belum direalisasi dan mencari solusi akan permasalahan seperti kendala ketahanan pangan atau kendala lainnya,” sebut Sutono.

Terpisah Camat Bataguh Syuryadin, SH., yang juga hadir saat dilaksanakan MUSREMBANGDes di Desa Bangun Harjo, menyambut baik musyawarah untuk mencapai kesepakatan, membahas permasalahan pembangunan dan urun rembug sambil bersilaturahmi. Dalam musyawarah penuh kekeluargaan itu, kita yakin Rencana Kerja Pembangunan Desa (RPKDes) nantinya akan terpenuhi, sebut Syuryadin.

Rijali Rahman dalam urin rembug tersebut menekankan kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) merupakan salah satu penggerak dalam proses manajemen partisipatif pemberdayaan masyarakat pada tingkat Desa atauKelurahan, sebagaimana terdapat pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2001 pelaksanaan tugas. Pengkaderan atau peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) itu sangat diperlukan untuk kemajuan desa, ujar Rijali Rahman. (wan)

Cece Manis Suka Goyang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *