Senin , 30 Januari 2023
Meninjau batas desa yang merupakan batas provinsi dan juga titik koordinat batas lainnya, serta tanah milik pemerintah Kabupaten Kapuas di Desa Sei Asem

Desa Sei Asem Tinjau Batas dan Aset Pemerintah Kabupaten

NUSAKALIMANTAN.COM, Kuala Kapuas – Pemerintah Desa Sei Asem Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas, bersama dengan Babinsa Serda Sahat Parulin Manalu dan Bhabinkamtibmas Bripka Anggun serta perangkat desa lainnya, melakukan kegiatan peninjauan lokasi titik batas desa dengan desa, dengan Kecamatan, dengan Kabupaten dan Provinsi, Kamis (8/11) pagi.

“Kita melakukan peninjauan batas desa dengan desa, juga yang membatasi dengan kecamatan, maupun dengan Kabupaten yang ada di provinsi lain dalam hal ini Provinsi Kalimantan Selatan. Tujuannya adalah untuk mempertegas titik perbatasan tersebut serta tanda yang menjadi keterangan pembatas,” terang Masrawan, S.Sos., Kepala Desa Sei Asem.

Masrawan memberi contoh adanya batas desa di tandai dengan patok atau tanda dengan tulisan, dimana kondisinya sudah rusak karena kena hujan dan panas. Nanti akan kita adakan perbaikan. Namun untuk batas dengan kabupaten lain, apalagi dengan provinsi, kita berharap pihak terkait seperti bagian tata pemerintahan atau instansi terkait lainnya dapat membantu kita. seperti diketahui ditempat kita ada tugu batas dengan provinsi di wilayah RT 8 atau handel Basirih,

“Kita juga meninjau tanah atau lahan yang merupakan milik dari pemerintah Kabupten Kapuas. Ditandai dengan pengumuman agar diketahui dan jangan sampai dikemudian hari digunakan tanpa sepengetahuan dari kita pemerintah Desa Sei Asem yang menjadi pengawas dari keberadaan lahan tersebut,”terang Masrawan.

Masrawan berharap dengan peninjauan titik batas dan mengetahui pemetaan dari desa ini, dapat membuat informasi propil desa dengan lengkap sebagai bahan untuk memberikan informasi kepada publik. Termasuk kita juga masih mencari Surat Keputusan pendirian desa kita ini yang sebelum ada desa Sei Asem ini, masih tergabung dalam Kelurahan Sei Pasah, ujar Masrawan.

Terpisah Pihak Tata Pemerintah Kantor Bupati Kapuas Yanti, ST., menyambut baik peninjauan batas desa yang dilakukan kepala desa perangkat dan elemen pemerintah desa, namun untuk bantuan untuk membuat tanda batas desa yang sekaligus batas kabupaten dan provinsi, bisa jadi masukan untuk usulan ke pihak terkait hingga ke Kemendagri, ungkap Yanti. (wan)

Cece Manis Suka Goyang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *