Senin , 30 Januari 2023
Darliansjah saat berkoordinasi dengan Direktur Operasional PT. Perindo secara virtual

Kembangkan Potensi Kelautan dan Perikanan, Pemprov Kalteng Jajaki Kerja Sama dengan PT. Perindo

NUSAKALIMANTAN.COM, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng melakukan penjajakan awal terkait kerja sama dengan PT. Perikanan Indonesia (Perindo). Kerja sama ini dilakukan oleh Pemprov. Kalteng dalam rangka mengembangkan potensi kelautan dan perikanan di Kalteng.

Kepala Dislutkan Prov. Kalteng Darliansjah saat melakukan penjajakan awal kerja sama pengembangan potensi kelautan dan perikanan Kalteng bersama Direktur Operasional PT. Perindo Fajar Widi mengatakan sesuai arahan dan petunjuk dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, maka perlu adanya sinergisitas antara Pemprov. Kalteng dengan pemangku kepentingan dan stakeholder salah satunya dengan PT. Perindo. Menurutnya, pengembangan potensi perikanan ini perlu ditingkatkan dengan mengoptimalkan pelabuhan perikanan di Kalteng.

“Kalteng ini memiliki dua pelabuhan perikanan yaitu Pelabuhan Perikanan Kumai yang berada di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang di Kabupaten Seruyan dengan potensi besar,” ungkap Darliansjah melalui virtual, Selasa (6/12/2022).

Darliansjah menambahkan, bahwa Pelabuhan Perikanan Kumai memiliki pabrik es dengan kapasitas 2,5 ton dan cold storage dengan ruang penyimpanan mampu menampung sampai dengan tujuh ton. Sedangkan di Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang memiliki pabrik es berkapasitas 900 ton. Selain mengoptimalkan pelabuhan perikanan, pada kegiatan hari ini juga dibahas mengenai program Shrimp Estate yang dilaksanakan di Kabupaten Sukamara. Pada lahan seluas 40,17 hektar berupa tambak udang vaname.

Dalam kesempatan ini, PT. Perindo menyambut baik adanya kerja sama ini.  “Kami sangat berminat dan ingin bekerja sama dan, kami pun memiliki pabrik pakan dan memiliki pangsa pasar yang jelas,” ujar Fajar.

Selanjutnya, kedua belah pihak akan bersama-sama menindaklanjuti kerja sama ini sehingga dapat dilaksanakan kerja sama lebih lanjut. (MMC/nk-1)

Cece Manis Suka Goyang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *