Senin , 30 Januari 2023
Wagub Kalteng H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan

Potensi Pemuda Harus Dikembangkan Demi Kemajuan Pembangunan Kalteng

NUSAKALIMANTAN.COM, Palangka Raya – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Prov. Kalteng menggelar Talkshow “KNPI Suluh & Solusi Bangsa”, bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (7/12/2022).

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo saat membuka kegiatan tersebut mengatakan para pemuda memegang peranan penting dalam pembangunan bangsa, termasuk di Kalimantan Tengah. “Di era globalisasi dan revolusi industri 4.0, tantangan pembangunan di masa mendatang akan semakin berat dan dinamis. Untuk menghadapi itu semua, para pemuda dituntut untuk memiliki kemampuan unggul, berani, inovatif, kreatif, dan tangguh, serta tidak melupakan nilai-nilai kearifan lokal salah satunya Falsafah Huma Betang,” ucapnya.

Lebih lanjut Wagub mengajak untuk bersama-sama membina dan membangkitkan potensi pemuda Kalimantan Tengah, sehingga mampu menjadi generasi yang berkualitas dan berdaya saing. “Untuk mewujudkan program-program strategis pembangunan tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memerlukan dukungan, kerja sama, dan sinergi seluruh stakeholders, termasuk generasi muda Kalimantan Tengah,” sambungnya.

Wagub juga mengajak para pemuda Kalimantan Tengah untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan, sesuai dengan peran dan bidangnya masing-masing. “Kita harus tahu apa yang menjadi keinginan kita dan potensi apa yang kita miliki, sehingga kita bisa kembangkan bersama-sama,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua umum DPP KNPI M. Ryano Satrya Panjaitan mengharapkan KNPI bisa memberikan pelatihan-pelatihan untuk bisa mengembangkan potensi pemuda di Kalimantan Tengah lebih pesat dan maju. “Harapannya pemuda yang tergabung dalam organisasi KNPI bisa mandiri secara ekonomi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Prov. Kalteng M. Alfian Mawardi membeberkan bahwa organisasi KNPI hanya ada satu di Kalimantan Tengah dan telah diakui secara legal. “Organisasi ini diharapkan menjadi organisasi yang membawa keberkahan dan manfaat bagi para pemuda. Kita harus berkolaborasi bagaimana kita semua mempunyai ekonomi yang kuat, karena Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sudah mendukung melalui beberapa program seperti 1.000 UMKM dan petani millennial. Jika kita punya kemauan, maka Pemprov akan memfasilitasi,” imbuhnya.

Turut hadir Ketua Harian DAD Kalteng Andrie Elia Embang, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalteng Hamka, perwakilan unsur Forkopimda, pengurus DPD KNPI kabupaten/kota se-Kalteng, serta para mahasiswa. (MMC/nk-1)

Cece Manis Suka Goyang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *