Jumat , 29 Maret 2024
Wagub Kalteng H Edy Pratowo saat memimpin upacara Peringatan Hari Jadi Kotim ke-70

Wagub Edy Pratowo Pimpin Ucapara Hari Jadi Ke-70 Kabupaten Kotim

NUSAKALIMANTAN.COM, Sampit – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-70 Kabupaten Kotawaringin Timur, bertempat di Halaman Kantor Bupati Kotawaringin Timur, Sabtu (7/1/2023). Peringatan Hari Jadi ke-70 Kabupaten Kotawaringin Timur ini mengusung tema “Semangat Persatuan dan Gotong Royong Membangun Kotim Harati”.

Dalam arahannya Wagub menyatakan peringatan Hari Jadi ke-70 Kabupaten Kotawaringin Timur ini diperingati dengan meresapi makna yang terkandung dalam peringatannya. “Oleh karena itu, mari kita jadikan peringatan Hari Jadi Kotim ini sebagai momentum untuk menumbuhkan rasa optimisme, untuk memperkuat semangat persatuan dan kebersamaan, agar kita mampu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, memacu pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kotawaringin Timur pada khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Wagub menambahkan pada tahun 2023 ini diperkirakan akan ada sejumlah tantangan sulit yang harus dihadapi, mulai dari ancaman resesi ekonomi, inflasi, hingga krisis energi dan pangan, akibat situasi global yang tidak menentu. “Langkah-langkah strategis harus benar-benar kita persiapkan, diantaranya penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang efektif dan efisien serta sesuai ketentuan berlaku, yang diharapkan dapat memperluas akses pembiayaan pada usaha produktif, meningkatkan daya saing UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja pasca pandemi di wilayah Kalimantan Tengah,” jelasnya.

Wagub menyebut, Kabupaten Kotawaringin Timur saat ini sedang direncanakan akan dibangun Food Estate sebagai salah satu Program Strategis Nasional, dan juga akan dibangun Rice Milling Unit, sebagai upaya mencapai ketahanan pangan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan. “Dengan kerja sama dan sinergi kuat kita semua, saya yakin, InsyaAllah kita pasti akan mampu mengatasi berbagai tantangan di tahun 2023 ini, seperti yang telah kita lakukan saat berhasil melewati tantangan berat akibat pandemi pada tahun 2022 lalu,” imbuhnya.

Wagub berharap peringatan Hari Jadi ke-70 Kabupaten Kotawaringin Timur ini dapat semakin mempererat rasa persatuan dan persaudaraan, dengan menjunjung Falsafah Huma Betang dan Semangat Isen Mulang, bahu-membahu mendukung percepatan pembangunan Kotawaringin Timur agar semakin maju, mandiri, dan sejahtera, demi terwujudnya Kalteng Makin BERKAH.

Dalam upacara tersebut juga diisi dengan launching KTP atau Nomor Induk Kependudukan Kotawaringin Timur sebagai identitas dalam mengakses layanan kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Selain itu juga dilakukan penyerahan sejumlah santunan dan bantuan alat tani berupa traktor kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. Hadir pula Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati, Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Rini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur H Rudianur, serta unsur Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Timur. (MMC/nk-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *