Senin , 24 Juni 2024

Lomba MTQ dan Adzan Dalam Rangka Nuzulul Qur’an Ramadhan 1445 Hijriah

NUSAKALIMANTAN.COM, Kuala Kapuas – Dalam rangka memperingati hari turunnya Al Quran, ditandai dengan diterimanya wahyu oleh Rasulullah Muhammad SAW yaitu Surah Al Iqra. Dikenal dengan sebutan Nuzulul Qur’an, pada Bulan Ramadhan 1445 Hijriyah, seperti tahun tahun sebelumnya diadakan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Adzan Sabtu (6/4) pagi hingga sore.

Acara yang dilaksanakan oleh Relawan Langgar Syiarul Islam (Relasyi) Jalan Seroja Kelurahan Selat Tengah Kecamatan Selat ini, koordinator acara Abdul Rahim atau Etonk bekerja sama dengan pengurus Langgar yang diketuai H Suparman. Sedang acara peringatan Nuzulul Qur’an sekaligus lomba MTQ dan Adzan ini diketuai oleh Haji Wawan, S.Ag.

Acara Peringatan Nuzulul Qur’an diawali dengan pembacaan Ayat suci Al Qur’an oleh Muhammad Fadil. Ceramah oleh Ustadz Zaki Yamani dengan menguraikan pentingnya membaca memahami lalu mengamalkan kandungan dalam Al Qur’an dalam.kehidupan sehari hari. Tergetar hati ketika dibaca Ayat ayat Allah
menambah keimanan seseorang. Itu adalah pertanda cinta ummat kepada Allah, maupun Rasulullah. Al quran adalah kunci dalam memahami agama, dan terangkat derajat seseorang karena mencintai Al quran,

” Seperti contohnya adalah para Imam kita, dari Imam safi’i, imam Gazali, dan imam nawawi. Merupakan contoh mereka yang diangkat derajatnya karena Al quran. Adanya lomba yang diadakan panitia Langgar Syiarul Islam ini adalah upaya mencipatkan generasi yang jadi penerus dalam mencintai Al quran. Dengan kemuliaan alquran dan di adakan lomba dengan keindahan dan bacaan yang banar semoga menciptakan generasi yang faham akan al qur’an,” terang Ustadz Zaki Yamani.

Ketua Panitia H Wawan mengatakan selain peringatan Nuzulul Qur’an ada dua jenis lomba yang kita adakan dengan berbagai katagori dan kelompok umur. Jumlah peserta ada 63 orang lebih. Terbagi dalam berbagai lomba yang diikutinya, terangnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba dan penyerahan hadiah yang di sampaikan Ketua dewan Juri Ustadz Mahya, S.Pd., anggota Ustadz Rudi dan H Sarwani.

Adapun urutan juara adalah, Juara Azan umur 9,- 11 Tahun, juara pertama Muhammad Bahtiar, Juara Kedua Ahmad Helmi, Juara ke tiga Muhammad Nazaruddin dan juara harapan Ahmad Bakri dan juara termuda umur 6 tahun Muhammad Naufa.

Juara Azan untuk umur 12 – 15 tahun juara satu Muhammad Fadil, juara II A. Subaili Amin, Juara III Munajat Insani, juara favorit Muhammad Jailani Ilmi. Juara MTQ katagori Tartil putra umur 9 – 11 tahun, pertama Muhammad Nazaruddin, Kedua Muhammad Helmi, Juara III Bahtiar dan favorit Ahmad Zaki Imran.

Untuk peserta MTQ katagori Tatil putri umur 9 – 11 tahun, untuk juara pertama Nurhaliza, Juara II Naurah Aisya Najiya, Juara III Mutia Akifa Ramadani. Sedangkan Juara Lomba MTQ katagori Tartil Putra umur 12 – 15 tahun juara I Muhammad Dialami, Juara II Muhammad Zainal Ilmi, Juara III A. Subaili Amin. Juara Lomba MTQ Katagori Tartil puteri umur 12 – 15 tahun Juara I Nazma Sofia, Juara II Nadia, Juara III Nabila dan Juara Harapan Nadhira Az Zahara. Untuk Juara Lomba MTQ Katagori Tilawah putra putri umur 9-11 Tahun juara pertama Daffa Aditya Rahman, juara II Naura Aisya Najiya, Juara III Ahmad Yazid dan pavorit Ahmad Zaki Imran Untuk katagori Lomba yang Terakhir yaitu MTQ Tilawah putra putri umur 12 – 15 tahun, juara pertama Muhammad Fadli, juara II Munajat Insani, Juara III Nabila dan pavorit Muhammad Dialami.

Abdul Rahim atau Etonk selaku koordinator dan pengarah lomba berharap acara ini untuk tahun berikutnya semoga tetap terlaksana, dan bersama Ketua Panitia dan ketua Langgar H Suparman serta Gobeh dan panitia lainnya, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan partisipasi, semoga ini menjadi amal dan ibadah kita semua, harap Etonk. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *