Senin , 6 Mei 2024
Dinas TPHP Kalteng Koordinasikan Jaminan Ketersediaan Pupuk Subsidi Tahun 2024

Dinas TPHP Kalteng Koordinasikan Jaminan Ketersediaan Pupuk Subsidi Tahun 2024

NUSAKALIMANTAN.COM, Palangka Raya – Dalam rangka menjamin ketersediaan serta memenuhi kebutuhan akan pupuk subsidi di Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (TPHP) Hj. Sunarti melakukan koordinasi dengan Manager Pupuk Indonesia (PI) Purwa Cahyadi dan Account Executive Wilayah Kalimantan Tengah Khoirul Anwar, Selasa (23/4/2024) di Ruang Kerja Kadis TPHP Prov. Kalteng.

Kadis TPHP Hj. Sunarti menyampaikan bahwa secara nasional pemerintah pusat telah menyetujui penambahan kuantum pupuk pada tahun anggaran 2024 sebesar 9,55 juta ton. Sebelumnya, kuantum pupuk pada tahun 2024 hanya berjumlah 4,5 juta ton. Selain penambahan pupuk, beberapa petani akan mendapat diskon pupuk non subsidi sebesar 40 persen. Penambahan tersebut dilakukan pemerintah untuk menjaga stabilitas dan produktivitas hasil pertanian.

“Hal ini sesuai Keputusan Menteri Pertanian Nomor 249/KPTS/SR.320/M/04/2024 tentang Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian Tahun Anggaran 2024,” ucapnya.

“Keputusan Menteri Pertanian tersebut menjelaskan bahwa Provinsi Kalimantan Tengah mendapat tambahan Alokasi Pupuk Subsidi untuk Pupuk Urea sebesar 6.685 ton menjadi 11.427 ton, Pupuk NPK 7.325 ton menjadi 15.660 ton, dan Pupuk NPK formula khusus dari satu ton menjadi sembilan ton. Sebagai tindak lanjut dari Keputusan Menteri Pertanian tersebut perlu adanya penetapan alokasi untuk Kabupaten/Kota dengan Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Khoirul Anwar mengatakan bahwa untuk pupuk subsidi di Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024 stoknya aman.

“Dari pihak Pupuk Indonesia Wilayah Kalimantan Tengah juga akan selalu berkoordinasi dengan Dinas TPHP terkait dengan sistem penyaluran pupuk subsidi di Provinsi Kalimantan Tengah,” tandasnya.

Turut hadir mendampingi Kadis TPHP yakni Penyuluh Pertanian Ahli Muda dari Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas TPHP Dardiansyah. (MMC/nk-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *