Minggu , 5 Mei 2024

Pesantren Ramadhan SMP 2 Kapuas Hilir Satu Atap Sebagai Penguatan Karakter Pancasila

NUSAKALIMANTAN.COM, Kuala Kapuas – Kegiatan dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan, dimana Bulan tersebut adalah bulan penuh berkah dan ampunan, dimana kemuliaan bulan tersebut dibarengi dengan segala ibadah dan amalan lainnya. SMP 2 Kapuas Hilir Satu Atap yang berada di Desa Bakungin Kecamatan Kapuas Hilir melaksanakan Pesantren Ramadhan.

Pembukaan Pesantren Ramadhan oleh Kepala Sekolah SMP 2 Kapuas Hilir Satu Atap H Samsul Bahri, S.Pd.,M.Pd., didampingi Wakil Kepala Sekolah dan dewan guru. Dihadiri oleh santriawan dan santriwati yang mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan.

Ketua panitia Hermawati berharap dengan pelaksanaan pesantren Ramadhan ini menambah keimanan dan amal ibadah siswa dalam mengisi bulan suci ramadhan tahun ini, yaitu tahun 2024 bertepatan dengan tahun 1445 H.

Kepala sekolah SMP 2 Kapuas Hilir Satu Atap H Syamsul Bahri, S.Pd.,M.Pd., mengucapkan rasa syukur dan nikmat karena bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini. Kegiatan Pesantren Ramadhan serentak secara Nasional maupun daerah hingga ke sekolah kita ini. Di sekolah kita diadakan dari tanggal 14 – 20 Maret 2024.

“Selama enam hari. Ini berdasarkan Edaran bersama Disdik Kapuas dan Kantor Kemenag Kapuas Nomor 420/295/ Disdik /III/ Tahun 2024 yang isinya tentang penguatan karakter. Seluruh jenjang pendidikan wajib melaksanakan kegiatan keagamaan. Dan dalam perbedaan agama tetap melaksanakan, Agama Islam terkait dengan ini adalah bulan Ramadhan maka dilaksanakan pesantren Ramdhan ini,” ungkap H Samsul Bahri.

Ditambahkan H Samsul Bahri begitu juga dengan agama lainnya. Karena penguatan karakter ini adalah untuk semua agama. Seperti disekolah kita ada agama Islam dan agama Kristen, wajib melaksanakan kegiatan keagamaan tersebut. Dalam keberagaman itu, akan terlihat persatuan dan kebhinekaan namun tetap dalam persatuan.
Pj Bupati Kapuas berpesan seluruh agama dalam pengutan karakter ini berbuat dan melakukan sesuatu untuk menguatkan keagamaannya.

“Bukan hanya masalah ilmu eksak maupun bidang lainnya, namun pada bulan ini kegiatan keagamaan lebih ditingkatkan. Untuk pelaksanaan diserahkan pada sekolah masing masing. dalam hal ini diserahkan pada kordinasi kegiatan keagamaan,” sebut H Samsul Bahri.

Ditambahkan H Samsul Bahri lagi propil pelajar Pancasila harus kita tingkatkan dan kita kuatkan. Bukan hanya pelajar tapi ASN juga, dan seluruh masyarakat lainnya. Maka penguatan adalah bidang keagamaan untuk mencapai hal tersebut. Maka fokus kita adalah kegiatan keagamaan.

“Dalam kegiatan ini kita mencoba mentargetkan Khatam Alquran dibagi pada siswa per jus yang nanti pada saat penutupan akan diadakan acara khatam Al-Qur’an. Ini adalah Amaliah sekaligus program yang menjadi target. Jadi akan membawa manfaat maupun nilai ibadah. SMP 2 Kapuas Hilir Satu Atap adalah sekolah yang menjadi Pioneer segala kegiatan maka semoga dalam kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar,” pungkas H Samsul Bahri. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *