Jumat , 3 Mei 2024

30 KPM di Desa Anjir Mambulau Barat Menerima BLT Ekstrim Tahap I dan Tahap II

NUSAKALIMANTAN.COM, Kuala Kapuas –
Bantuan BLT Ekstrim merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi angka Kemiskinan Ekstrem. BLT ini adalah bantuan yang disalurkan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrem yang terdapat di wilayah kita.

Adanya fenomena inilah menjadi alasan pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat dengan bantuan BLT Ekstrim ini. Desa Anjir Mambulau Barat Kecamatan Kapuas Timur pada Kamis (18/4) pagi, menyalurkan bantuan yang dilakukan oleh petugas dari Kantor Pos. Pembagian dilaksanakan di Kantor Desa Anjir Mambulau Barat Jalan Trans Kalimantan KM 3 Desa Anjir Mambulau Barat.

Saat pembagian BLT Ekstrim ini selain Kepala Desa Rahmadi, juga dihadiri oleh perangkat desa dan tokoh masyarakat Desa Anjir Mambulau Barat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal desa serta ketua RT yang warganya tercantum sebagai penerima. jumlah warga yang menerima ada 30 Keluraha Penerima Manfaat ( KPM ) dan jumlah uang masing masing yang diterima adalah Rp 900 ribu Rupiah untuk Tahap I dan untuk Tahap II juga Rp 900 ribu.

Kepala Desa (Kades) Anjir Mambulau Barat Rahmadi sebelum pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Ekstrim menjelaskan sengaja pembagian dilakukan sekaligus pada kesempatan ini, yaitu Tri Wulan Pertama atau tahap I, Bulan Januari, Bulan Februari dan Bulan Maret, kemudahan Triwulan II atau Tahap II yaitu Bulan April, Bulan Mei sampai Bulan Juni. Pengambilan dilakukan di Balai Desa Anjir Mambulau Barat untuk menghemat biaya maupun kemudahan mencapai lokasi pembagian,

”Kita berusaha juga memberi penjelasan pada warga untuk memahami akan pembagian Bantuan Langsung Tunai adalah upaya pemerintah terkait memerangi kemiskinan ekstrem. Jenis bantuan itu banyak dan bermacam macam, ada sembako Program Keluarga Harapan ( PKH) serta lainya. Yang pasti bila belum terdaftar atau tidak kebagian berarti masuk dalam proglam lain. Dan hal ini survey dilakukan Kemensos,” terang Rahmadi



Salah satu warga Desa Anjir Mambulau Barat setelah menerima bantuan sangat berterima kasih dan merasa terbantu dengan adanya bantuan Ekstrim ini. Sangat meringankan beban keluarga dan bisa membantu kebutuhan sehari hari. Adanya kesenjangan yang menimbulkan perbedaan serta menimbulkan kemiskinan ekstrim memang wajib untuk ditanggulangi, ucapnya. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *