Minggu , 28 November 2021
Aplikasi Pahari
Kepala Badan Kesbangpol Kapuas Hj Marlina Kaspiati SE MAB saat memberikan laporan peluncuran Aplikasi Pahari

Aplikasi Pahari Sistem Informasi Pemantauan Situasi Harian

NUSAKALIMANTAN.COM, Kuala Kapuas – Untuk kemudahan dalam menggali informasi serta mengetahui  situasi harian demi kepentingan keamanan ketertiban masyarakat maka terobosan teknologi yaitu diluncurkannya aplikasi Pahari yaitu sistem informasi pemantauan situasi harian Rabu (25/11) pukul 09.30 WIB di Aula Bapeda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Acara peluncuran dihadiri oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, MM. MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas yang juga selaku Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Nasdem Ary Egahni Ben Bahat, S.H, MH

Forkopimda Kabupaten Kapuas atau yang mewakili, Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas, Kepala Dinas Kesbangpol beserta jajaran, tokoh organisasi masyarakat, pemuda, pimpinan pondok pesantren dan para peserta dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya mengatakan bahwa Aplikasi Pahari sangat berguna untuk memantau sejak dini situasi atau tanda-tanda yang mengarah kepada terjadinya konflik, yang mana akan dipantau setiap hari melalui aplikasi teknologi seperti aplikasi yang hari ini diluncurkan.

“Yang penting kita harus melakukan tindakan preventif, melakukan deteksi dini ketika terjadi tanda-tanda yang mengarah kepada terjadinya konflik atau perselisihan, langsung harus diatasi dengan baik,” ucap Ben Brahim.

Sementar itu, Kepala Kesbangpol Marlina Kaspiati SE MAB dalam laporannya menjelaskan tujuan diluncurkannya Aplikasi Pahari  untuk menyediakan data dan laporan yang cepat,tepat dan akurat melalui web maupun android, dimana aplikasi ini telah tersedia di Google Playstore dan dapat diunduh melalui smartphone,

“Aplikasi ini juga menyediakan data mengenai organisasi kemasyarakatan, partai politik serta jumlah kader partai politik baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan dan sebagai langkah awal untuk deteksi dini potensi konflik yang terjadi di masyarakat baik dalam aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan,” terang Marlina.

Setelah peluncuran diadakan pelatihan Aplikasi Pahari Sistem Pahari dimana waktu pelaksanaan kegiatan selama dua hari dari tanggal 25 sampai dengan 26 November 2021 di Aula Bappeda dengan narasumber atau instruktur dari CV. Pinandu Informatika Banjarbaru yang merupakan pihak pembuat Aplikasi Pahari. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *