Jumat , 9 Desember 2022
Wisata Alam
Suasana wisata alam Banyu Habang di Kabupaten Barsel

Wisata Alam Tanah Habang Barsel Ramai Dikunjungi Wisatawan Lokal dan Luar Daerah

NUSAKALIMANTAN.COM, Buntok – Pada hari raya Idul Fitri hari ke-2 1443 H, masyarakat Buntok Kota dan luar kota Buntok Kabupaten Barito Selatan berbondong-bondong datang ke tempat Wisata Alam Banyu Habang, Desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barsel, dan di meriahkan artis-artis lokal serta  Artis andalan Kabupaten Barsel, H Laili Mansyur dan kawan-kawan, Selasa (03/05/2022).

Wisata Tanah Habang di daerah Barsel, Desa Sanggu adalah tempat alternatif yang dikunjungi oleh masyarakat Kota Buntok dan sekitarnya, untuk bersantai bersama keluarga untuk menikmati alam yang asri dan sungainya yang bewarna merah asli dari alam Danau Malawen yang terkenal dengan cerita dongeng di masa lampau, yang sekarang ini menjadi monumen Bundaran Selamat Datang Kota Buntok di Desa Sababilah sekitar 10 Kilometer sebelum memasuki Kota Buntok.

Ridwan salah satu pengunjung mengatakan dia bersama keluarga memilih wisata alam Banyu Habang setelah 1 bulan menjalani ibadah puasa, dan menghibur diri dengan wisata alam asri dan melihat keindahan beribu spesies anggrek-anggrek asli hutan tropis Desa Sanggu, khususnya yang ada di  Kabupaten Barsel.

“Saya bersama keluarga memilih tempat wisata Tanah Habang ini karena alamnya yang Sejuk dan Asri dan banyak Tumbuhan hutan asli Kalimantan dan sungai berwarna merah untuk tempat mandi,” ucap Ridwan.

Ibu Teriati sebagai owner dan pengelola Banyu Habang dia mengatakan pengunjung dari berbagai daerah seperti Kabupaten Tetangga Bartim, Barito Utara, Palangka Raya, dan juga Provinsi Kalsel dan Kaltim juga berkunjung ke sana untuk mengunjungi wisata alam Banyu Habang yang air tempat mandinya berwarna merah asli.

“Dan pernah turis dari Swiss dan Belanda datang kesini untuk melihat beraneka spesies anggrek di sini dan mandi di sungai kecil yang mengalir berwarna merah,” ujarnya

Ibu Teriati berharap ke depannya agar pemerintah daerah maupun Pemerintah Provinsi Kalteng bisa memperhatikan dan membantu agar wisata alam khususnya di daerah Barsel bisa berkembang agar menarik pengunjung dari luar daerah dan manca negara, karena aneka spesies Anggrek yang dimiliki daerah Barsel sangat banyak dan tempat wisata ini perlu dukungan pemerintah, pungkas Ibu Teriati selaku pengelola sekaligus owner tempat wisata Tanah Habang. (stiv)

Cece Manis Suka Goyang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *