Minggu , 23 Juni 2024
Pertunjukan kuda lumping di Halaman Kantor Camat Basarang sebagai Hiburan Awal Tahun

Kuda Lumping Hiburan Awal Tahun Buat Masyarakat

NUSAKALIMANTAN.COM, Kuala Kapuas – Mengawali tahun 2023, warga Kecamatan Basarang mendapatkan hiburan Kuda Lumping. Kesenian tradisionil rakyat ini, diadakan di halaman Kantor Camat Basarang Jalan Trans Kalimantan KM 8 Desa Tambun Raya Kecamatan Basarang, Selasa (3/1) siang.

Selain adanya kesenian Kuda Lumping, di halaman Kantor Camat Basaang yang merupakan tempat kegiatan, juga ada warga yang menjajakan makanan beraneka macam. Sehingga dari momen ini membangkitkan UMKM tentunya, serta terlihat pajangan pernik pernik untuk kelengkapan atau asesori kuda lumping. Bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terutama remaja dan anak anak untuk mengenal kesenian tradisional ini.

Camat Basarang Mujiono, S.Pd., M.Pd., mengatakan adanya hiburan Kuda lumping ini adalah dalam rangka menyambut tahun baru 2023 yang baru aja kilat jalani. Mumpung masih dalam suasana keceriaan manyambut tahun yang baru inilah, kita mengadakan acara kuda lumping ini,

“Harapan kita dengan adanya pertunjukan ini, keakraban antar masyarakat semakin terjalin, dan tentu saja mempererat tali silaturahmi. Serta juga upaya mengenalkan adanya seni budaya ini sebagai keragaman yang ada di negara kita Indonesia,” ungkap Mujiono.

Ditambahakan Camat Basarang lagi, kiita bangga karena wilayah kecamatan kota yaitu Kecamatan Basarang ini, penduduknya sangat beraneka ragam, baik suku, agama maupun adat budaya. Tapi adanya perbedaan tersebut menjadi pemersatu kita,

“Bahkan harapan kita kedepannya nanti akan menjadi asset seni dan budaya kita. Kita juga merasa bangga anak remaja juga hadir dan menikmati kuda lumping ini, semoga saja kedepannya mereka siap melestarikan dan menjaga dari kepunahan, terlebih banyaknya pengaruh dari internet,” pungkas Muijono lagi. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *