Senin , 24 Juni 2024

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Serta Pembekalan PKD Untuk Pilkada

NUSAKALIMANTAN.COM, Kuala Kapuas –
Bawaslu melaui Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Bataguh mengadakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah serta pembekalan untuk Pengawas Kelurahan atau Desa (PKS) se Kecamatan Bataguh pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas
di Aula (Gedung Badminton) Kantor Desa Pulau Mambulau Kecamatan Bataguh, Minggu (2/5) pukul 09.00 WIB.


Hadir dalam acara mewakili Camat Bataguh, Danpos Bataguh Kalimi, Kasubsektor Pulau Kupang Aiptu Eddi Wahyudi, Ketua Panwaslu Kecamatan Bataguh Basuki, Perwakilan PPK Bataguh, Rohaniawan dari KUA Kecamatan Bataguh Bahrudin, anggota PPK dan Panwaslu Kecamatan Bataguh Pemdes Pulau Kupang, dan peserta PKD yang dilantik.

Puji Astuti selaku perwakilan PKD membacakan Fakta Integritas sebagai pernyataan untuk terciptanya pilkada baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas, siap melaporkan apabila ada pelanggaran, netralitas dan kesediaan dalam menjalankan tugas sebagai Pangawas Kelurahan maupun desa. Siap menerima konsekuensi apabila melanggar janji dan sumpah yang telah ditanda tangani, ungkap Puji Astuti.

Ketua Panwaslu Kecamatan Bataguh Basuki menjelaskan jumlah peserta yang mengikuti seleksi 33 orang dengan laki laki 18 orang dan perempuan 15 orang. Pengumuman kita lakukan melalui sosmed dan brosur serta lainnya. Pada tanggal 15-17 Mei 2024 penerimaan berkas penelitian dan verifikasi berkas administrasi. Dilanjutkan tanggal 18 – 21 Me 2024 masa perpanjangan pengumuman. Dilakukan pula penerimaan berkas 22-24 Mei 2024, Hasil administrasi tanggal 25 Mei 2024, pelaksanaan tes wawancara pada 27 -28 Mei 2024. Penumuman hasil PKD terpilih tanggal 31 Mei dikeluarkan Pokja Bawaslu Kabupaten Kapuas, terang Basuki


Perwakilan PPK Sarwani menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa berhadir Ketua PPK pada kesempatan ini. Ucapan selamat atas terpilihnya PKD di Kecamatan Bataguh. Seringlah berkoordinasi dengan PPS dimana sama posisi di desa. Bermusyawarah dan nanti akan ada pemutakhiran data dimana Bataguh nanti ada pengurangan TPE dari jumlah TPS saat pelaksaan pemilu dan pilpres yang baru lalu, harapan saya terus ikuti perkembangan untuk terjadi kesepahaman, pesannya.

Kapolsek Selat Kompol Susilawati yang diwakili Kasubsektor Bataguh di Pulau Kupang Aiptu Eddi Wahyudi berpesan agar disimak dan diperhatikan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab pada saat pembekalan. Kita berharap dari semua yang terpilih sebagai PKD ini ada yang baru, maka perhatikanlah segala pembekalan yang diberikan, ucap Eddy Wahyudi.

Danpos Bataguh Kalimi juga memberikan hal yang sama dalam kesempatan pelantikan pengambilan sumpah maupun pbekalan, yang baru cepat lakukan penyesuaian, miliki motivasi dan lakukan dengan penuh tanggung jawab, ikuti juklak maupun juknis sebagai acuan agar tidak keliru, ungkapnya (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *